Cara Mempelajari Bahasa Pemrograman

Cara Mempelajari Bahasa Pemrograman


Jika Anda tertarik membuat program komputer, aplikasi ponsel, situs web, permainan, atau perangkat lunak apa pun, Anda harus mengetahui cara memprogramnya. Program dibuat dengan bahasa pemrograman. Bahasa ini memungkinkan program berfungsi di mesin yang menjalankannya, seperti komputer, ponsel, atau perangkat keras lain.


1. Memilih Bahasa Pemrograman



a. Tentukan minat Anda. Anda bisa mulai belajar bahasa pemrograman apa pun (meskipun beberapa bahasa "lebih mudah" dari bahasa lainnya"), jadi Anda mungkin ingin belajar dengan bertanya pada diri anda: "Apa yang ingin saya capai dengan menguasai bahasa pemrograman?". Hal tersebut akan membantu Anda menentukan bahasa pemrograman apa yang harus Anda pelajari, dan memberikan Anda titik awal yang baik.
  • Jika Anda ingin menjadi pengembang web, Anda perlu menguasai bahasa yang berbeda dari bahasa yang digunakan pengembang program desktop. Membuat aplikasi ponsel juga memerlukan bahasa yang berbeda dari memprogram mesin. Seluruh keputusan Anda akan menentukan arah pembelajaran Anda.


b. Pertimbangkan untuk mempelajari bahasa yang sederhana. Tak peduli apa pun pilihan Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk belajar bahasa tingkat tinggi yang lebih sederhana. Bahasa-bahasa tersebut sangat berguna untuk pemula, karena bahasanya mengajarkan konsep-konsep dan pemikiran dasar pemrograman yang bisa diterapkan ke bahasa apapun.[1]
  • Dua bahasa paling populer dalam kategori ini adalah Python dan Ruby. Keduanya adalah bahasa aplikasi web berorientasi objek yang menggunakan sintaksis mudah dibaca.
  • Bahasa pemrograman berorientasi objek artinya bahasa tersebut dibangun dengan konsep "objek", atau kumpulan data, dan manipulasinya. Konsep ini digunakan dalam berbagai bahasa pemrograman tingkat lanjut, seperti C++, Java, Objective-C, dan PHP.

c. Bacalah beberapa panduan dasar untuk berbagai bahasa. Jika Anda masih belum yakin bahasa apa yang ingin Anda pelajari, bacalah panduan untuk beberapa bahasa berbeda. Jika sebuah bahasa lebih mudah dimengerti dari bahasa lainnya, cobalah menggunakan bahasa tersebut untuk mengetahui kecocokannya dengan Anda. Ada ribuan tutorial untuk setiap bahasa pemrograman di Internet, dan banyak diantaranya tersedia di WikiHow
  • Python - Bahasa pemula yang hebat dan cukup berdaya jika Anda mulai mengerti penggunaannya. Bahasa ini dipakai di banyak aplikasi web, dan bahkan beberapa permainan.
  • Java - Dipakai di berbagai jenis program, mulai permainan, aplikasi web, hingga perangkat lunak ATM.
  • HTML - Bahasa awal yang wajib dikuasai seluruh pengembang web. Anda harus mengenal HTML sebelum mempelajari bahasa pemrograman web lain.
  • C - Meskipun sudah cukup tua, C masih berdaya, dan menjadi basis dari C++, C# dan Objective-C yang lebih baru.

Lanjut ke........


loading...


loading...
Cara Mempelajari Bahasa Pemrograman Cara Mempelajari Bahasa Pemrograman Reviewed by My Tim on 14.15 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.