Cara Mempelajari Bahasa Pemrograman - Part 5

Cara Mempelajari Bahasa Pemrograman - Part 5


5. Memperluas Pengetahuan


a. Ikuti pelatihan pemrograman. Banyak universitas, akademi, dan LPK menyediakan kelas pemrograman yang bisa Anda ikuti meskipun Anda bukan mahasiswa. Kelas pemrograman adalah cara yang baik untuk belajar karena Anda akan dibantu pemrogram berpengalaman, juga bertemu pemrogram lokal lain.

b. Belilah atau pinjamlah buku panduan. Ada banyak buku pemrograman untuk setiap bahasa. Meskipun pengetahuan Anda tidak seharusnya dibatasi oleh buku, buku pemrograman menawarkan referensi dan contoh-contoh yang baik.

c. Pelajari matematika dan logika. Kebanyakan konsep pemrograman melibatkan aritmetika dasar, namun Anda mungkin ingin mempelajari konsep lanjutan. Matematika penting dikuasai jika Anda mengembangkan simulasi kompleks atau program algoritma lainnya. Untuk pemrograman biasa, Anda tidak perlu matematika kompleks. Mempelajari logika, terutama logika komputer, akan membantu Anda memahami cara memecahkan masalah untuk program tingkat lanjut.

d. Jangan berhenti memprogram. Sebuah teori populer menyatakan bahwa seorang master memerlukan 10 ribu jam terbang. Meskipun kebenarannya masih diperdebatkan, prinsip umumnya tetap berlaku: menguasai suatu hal memerlukan waktu dan dedikasi. Jangan berharap Anda bisa memahami semuanya dalam satu malam, namun jika Anda tetap fokus dalam belajar, Anda mungkin bisa menjadi ahli di bidang Anda.

e. Pelajari bahasa pemrograman lain. Meskipun Anda bisa bertahan dengan satu bahasa pemrograman, banyak pemrogram memperbesar daya saing mereka dengan belajar bahasa pemrograman lain. Bahasa pemrograman kedua atau ketiga mereka biasanya mendukung bahasa pertama mereka, dan membantu mereka mengembangkan program yang lebih kompleks dan menarik. Setelah Anda memahami dengan baik bahasa pertama Anda, pelajarilah bahasa kedua.
  • Anda mungkin merasa bahwa mempelajari bahasa kedua lebih cepat dari mempelajari bahasa pertama. Konsep pemrograman dasar dapat diterapkan dalam berbagai bahasa, terutama jika bahasanya masih terkait.

Lanjut ke........

loading...


loading...
Cara Mempelajari Bahasa Pemrograman - Part 5 Cara Mempelajari Bahasa Pemrograman - Part 5 Reviewed by My Tim on 15.01 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.