Apa Itu Ripple?

Apa Itu Ripple?



A. Ripple adalah protokol internet

Untuk melakukan transaksi finansial. Kamu bisa menggunakan Ripple untuk mengirim uang kemana saja di seluruh dunia, dalam mata uang apa saja, secara instan, dan gratis.
Apa itu protokol internet?

Protokol internet adalah seperangkat aturan yang didisain agar komputer-komputer yang terhubung internet bisa berkomunikasi satu sama lain.

Contoh-contoh Protokol Internet
  • Protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) untuk membuat dan berbagi website (www).
  • Protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) untuk mengirim pesan lewat internet. 
  • Protokol RXTP (Ripple Transaction Protocol) untuk melakukan transaksi lewat internet. Dengan RTXP memungkinkan untuk mentransfer nilai pada jaringan yang terdistribusi.
Siapa yang memiliki protokol-protokol tersebut?

Protokol tidak ada yang memiliki. Siapa saja bisa menggunakannya pada perangkat lunak atau bisnisnya. Ripple bersifat gratis dan open source. Seperti halnya email, tidak ada yang memilikinya, dan karena itu tidak ada operator pusat.

B. Ripple adalah mata uang berbasis matematika


Ada sebuah mata uang berbasis matematika yang disebut XRP (kadangkala disebut “ripple”) yang merupakan mata uang native pada jaringan Ripple. Sama seperti bitcoin pada Blockchain, XRP ada secara native dalam jaringan Ripple sebagai mata uang yang bebas dari counterparty. Para pengguna jaringan Ripple tidak dituntut untuk menggunakan XRP sebagai media pertukaran atau penyimpan nilai. Jaringan Ripple bersifat currency agnostic. Pengguna bisa menggunakan mata uang yang mereka inginkan, baik USD, BTC, XRP, atau lainnya.

C. Apa keuntungan menggunakan Ripple?


1. Untuk transaksi finansial.

Beberapa keunggulan transaksi finansial dengan protokol internet:
  • Pembayaran lebih murah karena Ripple tidak dimiliki oleh siapa pun.
  • Pembayaran lebih cepat . Karena transaksi Ripple bersifat otomatis, pembayaran bisa sepenuhnya diselesaikan dalam hitungan detik
  • Keuangan yang mudah dijangkau . Karena Ripple hanya membutuhkan koneksi internet. Ia bisa menyediakan layanan keuangan untuk miliaran orang diwilayah yang tidak terjangkau oleh bank.
  • Keuangan yang terinterkoneksi . Dengan menciptakan protokol bersama untuk uang, Ripple membuat transaksi antar bisnis independen menjadi mudah. Ini mengurangi friksi dan inefisiensi dalam sistem keuangan.
Jika protokol Ripple menjadi protokol standar untuk pengiriman uang, pembayaran akan  menjadi lebih cepat, murah, dan mudah seperti email. Tidak ada biaya jaringan, dan semua pembayaran terjadi secara instan.

Uang pada era digital, sebenarnya hanyalah tipe lain dari informasi tentang kredit dan debit yang disimpan pada ledger digital.

2. Sebuah Translator Universal

Ripple adalah global. Merupakan translator universal pertama untuk uang. Sekarang setiap mata uang memiliki kualitas kelancaran transaksi sebuah mata uang global. Kamu bisa memiliki saldo dalam emas atau bitcoin dan secara mudah melakukan pembayaran dalam US Dollar atau
Euro. Ripple memberi semua orang kebebasan penuh terhadap pilihan mata uang dalam bertransaksi.

Exchange terdistribusi Ripple memungkinkan pengguna untuk melakukan trading tanpa membutuhkan broker atau exchange pihak ketiga. Semua bisa memasukkan penawaran pada order book global, dan jaringan Ripple akan menemukan jalur paling efisien untuk mencocokkan order. Tidak ada biaya jaringan, dan tidak ada minimum transaksi.

D. Apakah XRP aman?


XRP sangat aman digunakan karena melindungi Jaringan dari Penyalahgunaan karena jaringan Ripple berdasarkan kepada shared ledger dari akun-akun. Seorang penyerang jahat bisa saja menciptakan “ledger spam” dalam jumlah besar (misalnya akun-akun palsu) dan spam transaksi (misalnya transaksi palsu) dengan tujuan membebani jaringan. Ini bisa mengakibatkan ukuran ledger tidak terkendali dan mengganggu kemampuan jaringan untuk secara cepat memproses transaksi-transaksi yang sah.

Untuk melindungi jaringan dari penyalahgunaan penciptaan entri ledger yang berlebihan, setiap akun Ripple diharuskan memiliki sedikit reserve XRP untuk membuat entri ledger. Persyaratan reserve pada saat ini adalah sebanyak 25 XRP. Persyaratan ini dimaksudkan sebagai jumlah kecil yang tidak begitu benilai bagi pengguna normal sementara dapat mencegah penyerang potensial dari mengumpulkan akun palsu dalam jumlah besar untuk melakukan “spam” terhadap jaringan.

Untuk setiap transaksi yang diproses, 0.00001 XRP dimusnahkan (lebih kurang setara satu per seratus ribu US Dollar). Ini bukan fee yang dikumpulkan oleh pihak tertentu. XRP dimusnahkan dan tidak lagi ada dalam peredaran. Jumlah fee transaksi ini juga didisain agar menjadi tidak begitu bernilai bagi pengguna. Tetapi ketika jaringan sedang di bawah beban berat, seperti ketika ia diserang, fee ini secara cepat akan meningkat. Tujuan dari disain ini adalah untuk membuat bangkrut para penyerang secara cepat dan menjaga jaringan tetap berfungsi lancer. Menyerang jaringan Ripple bisa menjadi sangat mahal, sangat cepat, tetapi bagi pengguna regular, biaya secara efektif tetap “gratis”. XRP tidak bisa dipalsukan jumlahnya terbatas 100 miliar. XRP “dicetak” bersamaan dengan penciptaan protokol,


Perbandingan Bitcoin Vs Ripple

  • Bitcoin VS Ripple

Seperti Bitcoin, XRP milik Ripple juga merupakan mata uang digital yang berdasar pada formula matematika dan memiliki suplai coin terbatas. Selain sama-sama dijaga oleh keamanan tingkat tinggi, cara kerja kedua mata uang digital ini pun sama, yaitu peer-to-peer tanpa mengandalkan pihak ketiga. Oleh karena itu, pengiriman uang bisa dilakukan dengan biaya transaksi yang sangat kecil dan cepat. inilah yang dimanfaatkan oleh masyarakat.

Terdapat sedikit perbedaan antara Bitcoin dan Ripple. Teknologi Bitcoin hanya mendukung pengiriman Bitcoin antar sesama pengguna. Jika Anda ingin menguangkan Bitcoin ke mata uang lokal negara Anda, maka Anda harus mencari exchange atau Bitcoin user lain yang mau menukarkan Bitcoin Anda ke mata uang lokal. Jika Anda menggunakan Ripple, Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari tempat untuk menjual mata uang digital Anda karena teknologi Ripple memfasilitasi pertukaran XRP dengan berbagai mata uang di dunia, termasuk Bitcoin.

  • Kelebihan Ripple

Selain memiliki teknologi dan jaringan yang men-support berbagai mata uang negara di dunia, Ripple juga memiliki misi untuk merobohkan dinding-dinding yang membatasi pembayaran dalam dunia finansial. Seseorang yang menggunakan PayPal, misalnya, hanya bisa mengirim uang kepada sesama pengguna PayPal atau berbelanja di situs-situs yang telah bekerjasama dengan PayPal. Hal yang sama terjadi dimana pengguna MasterCard hanya bisa berbelanja di toko-toko yang memiliki mesin EDC MasterCard. Setiap sistem pembayaran yang ada, pasti diciptakan dan bekerja dengan caranya sendiri sehingga antara satu sistem dengan sistem lain tidak bisa dihubungkan secara langsung. Seseorang yang menerima pembayaran dalam Bitcoin, tidak bisa menerima pembayaran dengan Credit Card tanpa mesin EDC. Sebaliknya, merchant dengan mesin EDC tidak bisa menerima Bitcoin jika mereka tidak mempunyai wallet Bitcoin. Ripple hadir untuk memperbaiki situasi seperti ini.

Kini bank-bank besar dunia seperti Fidor Bank, GSR Markets dan Saldo.mx sudah berintegrasi dengan teknologi Ripple untuk memudahkan proses pengiriman uang antarnegara atau remittance, serta memudahkan para pengusaha untuk mengembangkan bisnis mereka. Meskipun market cap Ripple belum sebesar Bitcoin, tetapi Ripple sudah menduduki posisi kedua setelah Bitcoin dalam jajaran seluruh mata uang digital yang ada di dunia.

Jika Anda tertarik untuk memiliki Ripple, Anda bisa menukarkannya dengan Bitcoin tanpa membayar biaya transaksi sedikitpun di Bitcoin.co.id.

sumber : forum bitcoin indonesia

loading...


loading...
Apa Itu Ripple? Apa Itu Ripple? Reviewed by My Tim on 11.20 Rating: 5

1 komentar:

  1. Anda dapat menukar FasaPay USD, Bitcoin, litecoin, BTC-e, Perfect Money USD, USD OKPAY ke FasaPay IDR pada layanan Unichange.me.
    Anda dapat melakukan order dengan arahan berikut ini :
    FasaPay USD ke FasaPay IDR -> https://unichange.me/order/simple/fasapay_usd_fasapay_idr
    Bitcoin ke FasaPay IDR -> https://unichange.me/order/simple/bitcoin_fasapay_idr
    Litecoin ke FasaPay IDR -> https://unichange.me/order/simple/litecoin_fasapay_idr
    Kode BTC-e USD ke FasaPay IDR -> https://unichange.me/order/simple/litecoin_fasapay_idr
    Perfect Money ke FasaPay IDR -> https://unichange.me/order/simple/perfect_money_usd_fasapay_idr
    OKPAY ke FasaPay IDR -> https://unichange.me/order/simple/okpay_usd_fasapay_idr

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.