Apa itu ICO

Apa itu ICO



ICO atau Initial Coin Offering akhir-akhir ini semakin gencar saja perkembangannya terlebih tahun 2017, banyak sekali para developer yang menggunakan metode ini untuk mengumpulkan dana demi mengembangkan proyek-proyek mereka. Dana yang terkumpul tidak tanggung-tanggung bisa mencapat jutaan dollar amerika.

ICO pertama kali di lakukan pada tahun 2013 dan coin pertama yang rilis dari ICO ini adalah coin Mastercoin atau OMNI. Yaitu sebuah cryptocurrency dan protokol komunikasi berbasis Blockchain yang telah mengumpulkan banyak tokennya pada bulan Juli 2013 di forum Bitcointalk.org.

Ethereum saat ini merupakan kampanye paling sukses yang pernah dilakukan dan coin nya saat ini telah mencapai harga 0.12 BTC per coin nya. Beberapa waktu setelah kampanye pendanaan yang berhasil di tahun 2014.

Ethereum sebagai criptocurrency yang diluncurkan pada tahun 2015. Sejak saat itu telah mampu menjadi mata uang koin terbesar kedua setelah bitcoin.

Jika Anda tertarik untuk memiliki dan berdagang berbagai jenis cryptocurrency, Anda bisa memulainya dengan bertransaksi menggunakan Rupiah tanpa membayar biaya transaksi sedikitpun di Disini, Daftar di Bitcoin.co.id sekarang.

Apa itu ICO ?

ICO Kepanjangan dari Initial Coin Offering. Initial artinya yang terawal, Coin artinya token/coin digital dan Offering artinya penawaran, bila di artikan secara keseluruhan artinya penawaran coin terawal sebelum diluncurkan ke pasar bebas.

Apa Tujuan dari ICO

ICO ini biasanya di tawarkan oleh para developer dimana tujuan mereka adalah mengumpulkan dana untuk mengembangkan proyek yang mereka lakukan dalam hal ini adalah coin digital. Mereka membutuhkan dana guna memaksilkan proyek yang mereka lakukan agar cepat berkembang dan dapat secepatnya rampung.

Apa Keuntungan dari ICO

Bagi para developer mereka akan mendapatkan bantuan dana guna mempercepat proyek yang mereka kembangkan sehingga dapat dinikmati oleh banyak orang. Bagi para investor akan mendapatkan token atau coin yang mana nantinya coin tersebut dapat diperdagangkan secara bebas di market exchanger.

Keuntungan bagi para investor yang mengikuti ICO sebelum coin tersebut di luncurkan ke pasar bebas adalah harga yang diberikan akan lebih murah. Dan biasanya saat coin tersebut di luncurkan harganya akan melonjak hingga lebih dari 5x lipat dari harga ICO. Inilah yang membuat para investor menikmati adanya ICO ini.

Apa Kerugian dari ICO

Di balik keuntungan pasti ada kerugian yang mendatanginya. Karena ICO sifatnya investasi maka kita mengeluarkan uang dan memberikan kepada pihak ketiga dan uang tersebut bisa saja tidak digunakan sesuai perjanjian saat ICO yaitu di bawa lari tanpa adanya keterangan yang jelas atau lebih di kenal dengan SCAM.

Beberapa hal menjadi permasalahan terjadinya SCAM saat ICO yaitu tidak jelasnya proyek, tujuan mengumpulkan dana yang dilakukan oleh developer serta tim yang tidak jelas atau tidak terpampang. Biasanya hal ini akan di jelaskan dalam whitepaper.

Apa hubungan ICO dan IPO

IPO merupakan Initial Public Offering yang mana ini merupakan sebuah investasi dalam sebuah perusahaan seperti misalnya google, facebook dan akan mendapatkan sekian saham dari investasi tersebut.

Perbedaan yang paling mencolok dari IPO dan ICO yaitu IPO saat hendak mengumpulkan dana harus melalui banyak regulasi seperti institusi pemerintahan, institusi keungan, izin-izin dan ini pun belum sepenuhnya bisa diterima nantinya.

Sedangkan ICO lebih simple dan mudah tanpa melalui regulasi yang rumit seperti IPO serta dapat diikuti oleh siapa saja yang ingin melakukan investasi. Uniknya lagi tidak ada batas minimal untuk berinvestasi di ICO.

Bentuk Investasi ICO

ICO digunakan pada investasi online yang mana lebih condong ke mata uang digital atau cryptocurrency seperti bitcoin yang merupakan cryprocurrency pertama

Semoga artikel ini bisa sedikit membantu bagi para pembaca yang ingin mengetahui apa itu ico sebenarnya dan ingin mulai memulai ico.

Jika Anda tertarik untuk memiliki dan berdagang berbagai jenis cryptocurrency, Anda bisa memulainya dengan bertransaksi menggunakan Rupiah tanpa membayar biaya transaksi sedikitpun di Disini, Daftar di Bitcoin.co.id sekarang.

Baca Juga: 
1
2
Jaringan iklan untuk hasilkan uang dengan bloggerDaftar CPM (Cost Per Million) Terbaik
3
Review Ad Networks Terbaik Dan Hasilkan Uang Dari Blog atau Website
4
Daftar jaringan periklanan popup dan popunder
5
Daftar Paid To Promote Terbaik
6
Daftar Short Url Terbaik
7
Daftar Jaringan Periklanan Indonesia Untuk Blogger yang Membayar

Komentar